| No | Profil Lulusan | Peran Utama | 
|---|---|---|
| 1 | Pendidik dan Fasilitator Bahasa Inggris Kontekstual | Lulusan mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Inggris yang kreatif, kontekstual, dan berbasis teknologi, dengan mempertimbangkan budaya Kalwedo dan karakteristik peserta didik di wilayah kepulauan. Mereka dapat berperan sebagai guru sekolah, tutor komunitas, maupun pelatih informal di daerah 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal). | 
| 2 | Peneliti dan Inovator Pembelajaran Lokal | Lulusan memiliki kemampuan melakukan riset tindakan kelas dan penelitian pendidikan sederhana yang relevan dengan kondisi geografis dan sosial daerah perbatasan. Mereka dapat menghasilkan inovasi pembelajaran yang berbasis pada kearifan lokal, kondisi geografis kepulauan, dan keterbatasan sumber daya. | 
| 3 | Wirausahawan Pendidikan dan Praktisi Bahasa Mandiri | Lulusan mampu mengembangkan dan mengelola usaha di bidang pendidikan bahasa, seperti kursus privat, pelatihan bahasa Inggris berbasis komunitas, serta konten digital. Kemampuan ini mendorong kemandirian lulusan dalam berkontribusi pada penguatan literasi dan pembangunan sosial ekonomi masyarakat maritim | 
| 4 | Komunikator Global Adaptif dalam Konteks Multisektor | Lulusan memiliki kecakapan berkomunikasi secara profesional dalam bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tulis, yang dapat diterapkan di berbagai sektor seperti pariwisata, layanan publik, dan industri kemaritiman. Dengan dasar budaya lokal yang kuat, lulusan dapat menjadi jembatan antara komunitas lokal dan dunia global dalam konteks perbatasan dan eksplorasi sumber daya. | 
